Silakan Masukkan Data Login Anda

Lupa Password ?

Musda ASPPI DPD Jawa Barat




ARCOM.CO.ID ,Bandung. Ratusan anggota ASPPI (Assosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) DPD Jawa Barat atau biasa disebut Tourism Soldier, menghadiri Musyawarah Daerah ASPPI DPD Jawa Barat Bertema, “Bersatu Menuju ASPPI yang Profesional untuk Menunjang Kepariwisataan Di Jawa Barat”, Minggu, (9/4/2017), di Hotel Grand Pasundan jalan Peta Bandung.

Turut hadir, Ketua Umum DPP ASPPI Djohari Somad, Ketua DPD ASPPI Jawa Barat Deasz Alexandrie, Sekda Kota Bandung Yossi Irianto, dan Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari.

Ketua DPD ASPPI Jawa Barat Deasz Alexandrie atau biasa disapa Alex mengatakan, Musda ASPPI DPD Jawa Barat kali ini merupakan Musda yang paling meriah dengan acara yang paling mewah, “Biasanya kami menggelar Musda di hotel bintang dua, namun Musda kali ini diadakan di Hotel Grand Pasundan yang merupakan hotel bintang empat,” kata Alex.

Lebih lanjut Alex mengatakan, Assosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) merupakan organisasi yang heterogen, “Anggota ASPPI merupakan ujung tombak dan pelaku pariwisata,” tegasnya.

Mengenai agenda Musda ASPPI DPD Jawa Barat, Alex mengatakan Musda kali ini akan menghasilkan Ketua dan Pengurus ASPPI DPD Jawa Barat.

Saat sesi wawancara Alex mengatakan, ASPPI DPD Jawa Barat selama ini berusaha mendapat dukungan dari Disparbud Jawa Barat, “Tetapi hasilnya belum tercipta, namun setelah ada konfirmasi dari Kabid Disparbud Jabar, ke depannya ASPPI DPD Jabar akan mencoba kembali berkolaborasi dan bekerjasama dengan Disparbud Jawa Barat, agar apa yang dicita-citakan ASPPI untuk membangun kepariwisataan di Jawa Barat yang lebih baik tercapai,” pungkas Alex.

Ketua Umum DPP ASPPI Djohari Somad dalam sambutannya mengatakan, saat ini Bunaken dan Wakatobi sudah ditinggalkan oleh wisatawan, “Bunaken dan Wakatobi kalah oleh Raja Ampat karena kedua tempat wisata tersebut tidak melakukan gerakan dan promosi,” ungkap Djohari.

Lebih lanjut Djohari mengatakan, saat ini Pariwisata di Riau sedang bergejolak, “Di Riau para pelaku pariwisata saling bekerjasama,” ungkap Djohari, “Apabila Jawa Barat diam saja, maka turis akan meninggalkan Jawa Barat,” tegasnya, “Kearifan lokal Jawa Barat harus dijual, jangan hanya mengandalkan keindahan alam saja,” kata Djohari.

20170409_111956

Mengenai ASPPI, Djohari mengakui organisasi yang dipimpinnya sekarang sedang berlari kencang, “Namun jangan jadikan ASPPI jadi ajang bisnis, bisnis kita nomor tigakan,” tegasnya, “ASPPI harus menjaga persaudaraan dan kebersamaan,” pungkas Djohari.

Sekda Kota Bandung Yossi Irianto dalam sesi wawancara mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Bandung, pihaknya menyambut baik Musda ASPPI DPD Jabar, “Kami paham Bandung memang sedang terus mengembangkan kreativitas di jasa, salah satunya jasa pariwisata,” kata Yossi.

Lebih lanjut Yossi mengatakan, Kota Bandung sangat berkomitmen terhadap kegiatan Musda ASPPI DPD Jabar “Karena saya tahu kegiatan ini tidak hanya kepengurusan baru, tapi bisa menghasilkan program-program yang andal,” ujarnya.

“Mengapa Musda ASPPI DPD Jabar menjadi komitmen yang baik, dikarenakan Kota Bandung ini 70 persen diberi kontribusi PAD nya dari sektor pariwisata, hotel, restoran, dan hiburan,” tegas Yossi.

Yossi mengatakan, apabila pariwisata kota Bandung keren, kreatifnya keren, maka akan mendulang okupansi hotel, “Sehingga APBD kota Bandung menjadi kuat, dan ketika pendapatannya bertambah, tentu kesejahteraan kepada masyarakatnya kota Bandung akan bertambah,” tegas Yossi.

“Saat ini Kota Bandung punya dinas baru yaitu Dinas Budaya dan Pariwisata, walaupun namanya Dinas Budaya, yang paling penting justru sektor pariwisata, karena sektor tersebut yang mendulang,” ungkap Yossi, “Tetapi jangan sampai kita kehilangan jati diri, seperti muatan lokal dan kearifan lokal,” tegasnya.

“Mudah mudahan budaya Bandung menjadi rangsangan bagi wisatawan,” kata Yossi, “Saat ini Bandung ekonomi kreatif sedang kita dorong, yaitu kreativitas anak muda yang menghasilkan sesuatu, dan perilaku baik yang disentuh budaya,” kata Yossi.

Yossi mengungkapkan, sebagai kecintaan terhadap ASPPI, Walikota Bandung Ridwan Kamil seusai dipanggil Presiden Joko Widodo ke Jakarta, rencananya akan menghadiri Musda ASPPI, “Saya mencoba meyakinkan kepada Walikota Bandung, betapa penting adanya suatu asosiasi yang bergerak di antara pelaku-pelaku wisata, karena pemerintah harus bersinergi dengan ASPPI,” pungkas Yossi.

20170409_104112

Kadisbudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, anggota ASPPI yang biasa disebut Tourism Soldier, merupakan mitra strategis di Dinas Budaya dan Pariwisata kota Bandung.

“Bicara tentang kepariwisataan, kita bicara tentang End to End bisnis atau kegiatan, kita bicara mulai dari hulu ke hilir, maka Disbudpar Kota Bandung tidak bisa bekerja sendirian, tapi harus berkolaborasi,” tegas Kenny.

“Saya tekankan, di Musda ASPPI adalah tentang kolaborasi, karena ASPPI merupakan ujung tombak dan pelaku kepariwisataan langsung di lapangan,” kata Kenny.

Kenny mengungkapkan, Kepariwisataan merupakan Core Business kota Bandung, “Karena 70 persen PAD Kota Bandung berasal dari sektor kepariwisataan,” kata Kenny.

“Kita tidak bisa berpikir sektoral lagi, kita tidak bisa lagi berbicara institusi A, B,C, karena kita bicara kota Bandung, Jawa Barat, dan Indonesia,” tegas Kenny.

“Banyak sekali tantangan dan pekerjaan rumah ke depan, kompetitor-kompetitor bertambah banyak, maka kita tidak bisa berdiri sendiri, kita harus solid, guyub dan kompak, dalam rangka memajukan kepariwisataan kita,” ujar Kenny, “Jangan ada kata saya-saya, kamu-kamu, tetapi kita dan kami,” tegas Kenny.

Di akhir wawancara Kennny mengatakan, sudah pasti ke depannya Disbudpar Kota Bandung akan melibatkan ASPPI dalam berbagai kegiatan, “Karena sekali lagi ASPPI merupakan mitra strategis kami,” kata Kenny, “Menyamakan persepsi itu yang paling penting, baru kita bisa berkolaborasi,” pungkas Kenny. (Bagoes Rinthoadi)

Grand Pasundan

Jalan Peta No. 147 - 149, Suka Asih, Bojongloa Kaler, Bandung 40233
Telp. 022 6043135

COPYRIGHT © Grand Pasundan | DESIGN BY PAC | booking v1.0.6 - 2014